Proposal
Usulan Bisnis
A. MANAJEMEN
-
Nama Unit Usaha : REDVELVET FASHION
-
Bidang Usaha :
Penjualan Pakaian (Rajut) Khusus Para Wanita
-
Jumlah Karyawan/Tenaga Kerja : 8 ORANG
B. PEMASARAN
-
Produk yang Dipasarkan : Pakaian Berkualitas
-
Sasaran Konsumen/Pembeli :
Masyarakat, Pelajar, dan Mahasiswi
-
Wilayah Pemasaran : Kota Bekasi (Direct Marketing) dan
Seluruh Wilayah Indonesia (Internet Marketing)
-
Rencana Penjualan Minimum/Bulan : Rp20.000.000
-
Penetapan Harga Jual : Bervariasi
C. PRODUKSI/OPERASI
-
Kapasitas Penjualan : Rp30.000.000
-
Ketersediaan Persediaan : Belum Ada
-
Fasilitas/Sarana Pemasaran : Perumnas 2, Kayuringin Jaya,
Bekasi Selatan
D. KEUANGAN
-
Total Pembiayaan Proyek : Rp35.000.000
-
Modal Sendiri :
Rp0
-
Biaya yang diusulkan : Rp35.000.000
-
Rencana Penjualan per-Tahun (Rp) : Rp240.000.000
-
Keuntungan per-Tahun (Rp) : Rp96.000.000
1.
Latar Belakang
1.1.
Dasar Gagasan Usaha
1.1.1.
Pendahuluan
Kebutuhan akan sandang
merupakan kebutuhan primer setiap orang. Dari tahun ke tahun peningkatan dari
produk ini sangatlah pesat. Untuk memenuhi tren saat ini diperlukannya unit
usaha yang dapat menyediakan produk tersebut. Tetapi penyediaan produk yang
berkualitas hanya sedikit yang kita jumpai di daerah Bekasi karena kualitas
dari pakaian yang dijual rata-rata adalah kualitas biasa. Disini kita akan
menerapkan penjualan pakaian wanita berkualitas dengan harga terjangkau.
Mengingat adanya peluang
yang besar dalam usaha Toko/Kios Pakaian pada masa yang akan datang, maka perlu
adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen.
Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang ditawarkan
dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif karena sudah
ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam
melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.
Kami telah mendapatkan
ruang usaha di Perumnas 2, Kayuringin Jaya, kota Bekasi sebagai pusat penjualan
pakaian. Dan Rencananya akan kami lakukan pengembangan usaha yaitu menyewa
rumah/ruko/ruang usaha yang berbentuk toko. Dan setiap tahunnya akan membuka
cabang baru sebagai perluasan wilayah pemasaran kami.
1.1.2.
Prospek Pasar
Penjualan pakaian di
daerah Bekasi sangatlah menguntungkan, karena setiap harinya tidak pernah sepi
dari pengunjung. Masyarakat yang tinggal di Bekasi tidak perlu pergi ke daerah
Jakarta untuk berbelanja. Rata-rata produk yang dijual di Bekasi adalah
kualitas biasa. Dengan adanya REDVELVET FASHION serta dukungan finansial, kami
mampu menjawab tantangan tesebut. Kami akan menjual barang yang berkualitas
tentunya dengan harga yang kompetitif.
1.1.3.
Manfaat Ekonomi
Usaha ini dapat
memberdayakan kami sebagai pengusaha
demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi beban
orang tua dalam membiaya kuliah kami.
1.1.4.
Manfaat Sosial
Tidak menutup
kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran.
Harapan kami setiap tahunnya ada Cabang baru yang akan kami dirikan. Hal ini
jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat
mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
Kami juga ingin merubah
paradigma masyarakat Bekasi khususnya, bahwa di daerah Bekasi juga menjual
barang-barang yang berkualitas dengan harga murah yang tidak kalah dengan Toko pada
umumnya, tidak seperti sekarang ini bahwa masyarakat Bekasi khususnya
Mahasiswi/Pelajar malu kalau beli pakaian mereka tersebut di toko yang notabene
nya barang-barang yang dijual tidak berkualitas. Hal ini hanyalah tempat yang
membedakan produk kami, sedangkan merek dan nama barang serta kualitasnya sama.
2.
Aspek Pemasaran
2.1.
Gambaran Umum Pasar
1. Jenis produk yang
dipasarkan adalah Pakaian Rajut yang berkualitas dengan harga kompetitif,
karena rata-rata produk serupa yang dipasarkan adalah kualitas menengah ke
bawah atau kualitas biasa.
2. Wilayah Pemasaran
mencakup daerah Kota Bekasi untuk sistem penjualan langsung atau Direct
Marketing dan seluruh wilayah Indonesia untuk sistem e-commerce atau internet
marketing dan Media Katalog.
3. Yang menjadi segmen
dari usaha Penjualan Pakaian dan aksesoris ini adalah:
a.
Segmen Pasar Khusus Wanita (untuk tipe Penjualan secara direct marketing atau
penjualan langsung)
b.
Segmen Pasar Umum Wanita (Untuk tipe penjualan internet marketing karena
menggunakan media Katalog dan Pembelian langsung).
2.2.
Strategi Pemasaran Perusahaan
Strategi pemasaran yang
dilakukan:
a. Keterangan Produk
- Mutu : Pakaian yang dipasarkan adalah mutunya terjamin dan berkualitas. Berbeda dari kualitas yang kebanyakan dijual di daerah Bekasi.
- Ukuran : S, M, L, XL, XXL.
- Jenis : Pakaian berbahan rajut. Cocok dipakai untuk musim hujan/cuaca dingin.
b. Harga Produk
- Harga : Rp150.000 – Rp350.000
- Syarat pembayaran : Cash tunai atau transfer Bank
- Potongan : Kami akan memberikan diskon 10% setiap pembelian diatas Rp3.000.000,-
c. Jalur Penjualan
Dengan adanya produk
yang kami tawarkan di atas, sehingga ada tiga sistem marketing yang kami
terapkan yaitu :
- Direct Selling
Kami
akan melakukan penjualan langsung di Toko/Kios dengan sistem pembagian waktu
jaga Toko/Kios yang dimulai dari pukul 10.00 WIB s.d 21.00 WIB.
- Internet Marketing
Kami
akan menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami
miliki yaitu WWW.REDVELVET.COM dengan konsep e-commerce webdesign, sehingga
konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan
produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di
situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer bank.
- Media Katalog
Kami
juga akan menyebarluaskan bisnis kami ini dengan media Katalog yang akan
dipasarkan lewat Website kami yaitu WWW.REDVELVET.COM dengan sistem merekrut
reseller/agen baru sebagai upaya untuk mengembangkan wilayah pemasaran produk
kami dengan target yaitu seluruh wilayah Indonesia. Katalog ini akan kami
berikan kepada pemesan/calon agen/calon reseller seharga Rp30.000,-/katalog
yang berisi daftar harga pakaian serta gambar yang menarik.
Beragam
keuntungan bisnis lewat Katalog ini, antara lain :
- Modal kecil
- Hanya bermodalkan katalog
- Katalog berisikan 100 macam produk beserta daftar harga dasar serta harga jual
- Bisa dijalankan oleh siapa saja seperti: Ibu Rumah Tangga, Pelajar/Mahasiswi, Pegawai, Pemilik Toko, Agen, dan lain-lain
- Tidak perlu menyetok barang
- Tidak ada target penjualan
- Harga disesuaikan sendiri, sesuai target pasar yang dituju
Cara Pemesanan (Order)
- Pemesanan bisa melalui via LINE/Email:
ID
LINE : admin_redvelvet
- Email : order_redvelvet@gmail.com
- Dengan format pemesanan sebagai berikut :
(Kode
Barang – Size – Jumlah). Contoh: (R1098 – L – 1)
- Setelah pemesanan, kami akan mengkonfirmasi ke anda setelah mengecek ketersediaan barang serta menghitung jumlah pembayaran beserta ongkos kirimnya.
- Setelah mendapatkan konfirmasi pembayaran, kemudian anda transfer ke nomor rekening sbb :
BCA:
126 0450 471 a.n AYU TRI N
- Setelah transfer, anda konfirmasi transfer kepada kami beserta alamat tujuan paket barang dengan format:
- SUDAH TRANSFER#<nominal uang>#<nama bank>#<nama anda>#<alamat lengkap>. Contoh : SUDAH TRANSFER#123.000#BCA#YUNI# Jl. S.Parman No. 20 Yogyakarta 55252. Dan tolong dikirim secepat mungkin
- Setelah kami menerima konfirmasi dari anda, maka kami akan mengirimkan pesanan anda secepatnya melalui jasa paket kilat seperti TIKI, JNE.
- Kami akan mengirimkan konfirmasi kepada anda setelah pesanan anda kami kirim
- Segala hal ataupun ketentuan diatas dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Info lebih lanjut hubungi SMS/Call Center kami di 085695868218
d. Promosi
Promosi dilakukan dengan
penyebaran brosur, katalog, dan kami akan melakukan iklan di internet untuk
menjual produk yang kami tawarkan dengan mendaftarkan situs kami pada layanan
penyedia iklan di internet. Dan memasang banner pada situs yang relevan untuk
mempromosikan keberadaan Toko/ Kios Online kami ini. Dan juga kami akan membuat
grup di Facebook dan Twitter sebagai langkah mempercepat penjualan dan forum
diskusi mengenai produk-produk yang kami tawarkan.
BIAYA OPERASIONAL PER BULAN
|
|||||||||
A. Operasioanl Umum
|
|||||||||
No
|
Keterangan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|||||
1
|
Listrik
|
1
|
bulan
|
25.000
|
25.000
|
||||
2
|
Gaji
|
8
|
orang
|
700.000
|
5.600.000
|
||||
3
|
Iuran Keamanan
|
1
|
bulan
|
25.000
|
25.000
|
||||
4
|
Iuran kebersihan
|
1
|
bulan
|
25.000
|
25.000
|
||||
Jumlah
|
5.675.000
|
||||||||
B. Operasional Promosi
|
|||||||||
No
|
Keterangan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|||||
1
|
Biaya Kirim Katalog
|
50
|
katalog
|
7.000
|
350.000
|
||||
2
|
Biaya Iklan Website
|
1
|
30.000
|
30.000
|
|||||
Jumlah
|
380.000
|
||||||||
C. Operasional Defisit
|
|||||||||
No
|
Keterangan
|
Unit
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|||||
1
|
Defisit Peralatan
|
2,00%
|
perbulan
|
900.000
|
18.000
|
||||
2
|
Website
e-commerce
|
2,00%
|
perbulan
|
660.000
|
13.200
|
||||
3
|
Jasa Hosting dan Domain setahun
|
10,00%
|
perbulan
|
150.000
|
15.000
|
||||
Jumlah
|
46.200
|
||||||||
|
|||||||||
D. Total Operasional perbulan
|
|||||||||
A. Operasioanl Umum
|
Rp 5.675.000
|
||||||||
B. Operasional Promosi
|
Rp 380.000
|
||||||||
Rp
6.055.000
|
|||||||||
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan
|
|||||||||
1
|
Angsuran sewa Kios
|
per
|
bulan
|
Rp 416.667
|
|||||
Jumlah yang harus dikeluarkan per
bulan
|
|||||||||
C. Operasional Defisit
|
Rp 46.200
|
||||||||
D. Total Operasional perbulan
|
Rp 5.675.000
|
||||||||
E. Angsuran Kios/ Lapak Perbulan
|
Rp 416.667
|
||||||||
TOTAL
|
Rp
6.137.867
|
||||||||
PENUTUP
Demikian Proposal yang kami buat sebagai bahan acuan
dan kerangka dasar demi terlaksananya kegiatan yang dimaksud , sekaligus
menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu/Saudara untuk berpartisipasi dalam
kegiataan ini. Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.Nama : Ayu Tri Nurcayanti
Kelas/NPM : 2DF02/51213557
Tidak ada komentar:
Posting Komentar